playdough !


Playdough , bila diartikan menurut kamus bahasa inggris itu play artinya bermain dan dough artinya adonan. Jadi, playdough adalah bermain dengan adonan. Tapi jangan salah.. setelah aku coba cari tau lebih detail..menurut Ismail ( Handayani, 2006 : 9 ) menjelaskan bahwa :
Playdough merupakan salah satu permainan edukatif yang mudah digunakan oleh anak; multiguna; murah dan mudah mendapatkannya; aman dan tidak membahayakan; awet dan tahan lama; dapat digunakan individu, kelompok, atau klasikal; warnanya menarik dan dapat dikombinasikan; memiliki kesesuaian ukuran; elastis dan ringan.
Sepertinya memang menarik untuk dipraktikan.
Dikatakan bahwa bahannya murah dan mudah didapatkan. Iya.. karena kita juga bisa membuat bahannya sendiri.. kita bisa ciptain adonan playdough sendiri.
nih.. dari salah satu sumber memaparkan bahan dan caranya buat adonan playdough.

bahan :

  • 200 gr terigu
  • 200 gr garam
  • air es secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • pewarna makanan
cara membuatnya :

campur menjadi satu: terigu, garam, pewarna makanan, dan minyak goreng. uleni sambil dituangkan air es sedikit-sedikit sampai kalis dan tidak lengket di tangan. beri pewarna sesuai warna yang diinginkan.
cara adon Membuat Playdoh di Rumah   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
play dough sudah jadi. simpan dalam wadah tertutup, masukkan dalam kulkas jika tidak dipakai, mudah kan ?
adonan Membuat Playdoh di Rumah   sharing di sini berbagi ide, cerita, pengalaman, dan ilmu
Belum lama ini aku semakin interest sama playdough gegara teman-temanku yang di STAN ( Sekolah Tinggi Akuntansi Negara ) lagi pada heboh bikin itu. Ternyata sedang diadakan lomba antar kelas. Kesempatan itu, tiap kelas akan memamerkan hasil karyanya yang terbuat dari playdough atau semacam adonan plastisin tersebut. Tema yang diangkat untuk lomba karya playdough ini adalah "mengubah indonesia".
Beneran deh ya ini keren abis..!!!!
Kreatif, lucu dan menginspirasi ^^,)
dan berikut adalah beberapa hasil karya mereka.. 
Permainan ular tangga yang dikreasikan dengan playdough
Permainan ular tangga yang dikreasikan dengan playdough

Karya playdough yang mendapat predikat Juara 1
Karya playdough yang mendapat predikat Juara 1

Peta Indonesia yang diaplikasikan ke dalam playdough
Peta Indonesia yang diaplikasikan ke dalam playdough

Sistem pembangkit listrik tenaga sampah yang berhasil meraih juara 2
Sistem pembangkit listrik tenaga sampah yang berhasil meraih juara 2

Sistem transportasi impianSistem transportasi impian  
Tertarik buat mencoba? sama... aku juga :)
-ika setiyowati-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa jepang ( nihon-go )

Lowongan PT SAMI Semarang (1)

myjapanstory-1