Seni Bepergian




Ini adalah Seni Bepergian. Beberapa hal yang saya tulis ulang dari sebuah buku “Chicken Soup for the Traveler Soul”. Lumayan jadi referensi buat jiwa-jiwa petualang (baca: saya hehe).  Meski belum banyak tempat yang terjelajahi, tapi berharap masih berkesempatan untuk mengunjungi lebih banyak sudut dan lorong di dunia ini.. dunia hebat ini. Menikmati karya sempurna dari Sang Maha Sempurna *amin* :)




Saat Anda mengemasi koper untuk sekedar mengelilingi negeri sendiri atau untuk berkeliling dunia yang hebat ini, cobalah pertimbangkan hal-hal berikut ini yang merupakan kunci perjalanan yang menyenangkan..
*      Bepergian hanya dengan sedikit barang. Anda bepergian bukan untuk pamer kepada orang-orang.
*      Bepergian tanpa terburu-buru. Pesawat terbang gunanya untuk pergi ke berbagai tempat, bukan untuk melihat berbagai tempat. Sisihkan waktu untuk menyerap keindahan dan inspirasidari sebuah gunung misalnya.
*      Bepergian dengan penuh penantian. Setiap tempat yang Anda kunjungi ibarat hadiah kejutan yang akan dibuka. Lepaskan simpul-simpul kadonya dengan harapan memperoleh petualangan yang hebat
*      Bepergian dengan penuh harap. “ Bepergian dengan penuh harap lebih baik daripada saat tiba.” Demikian Robert Louis Stevenson menulis.
*      Bepergian dengan rendah hati. Kunjungi orang-orang dan tempat-tempat dengan penuh hormat dan respect terhadap tradisi-tradisi dan cara hidup mereka.
*      Bepergian dengan sopan. Bersikap penuh pertimbangan terhadap rekan-rekan seperjalanan dan para tuan rumah Anda akan memperlancar hari-hari yang paling sulit sekalipun.
*      Bepergian dengan rasa syukur atas semua yang ada di dunia ini.
*      Bepergian dengan pikiran terbuka. Tinggalkan prasangka Anda di rumah.
*      Bepergian dengan penuh rasa ingin tahu. Yang paling penting bukan seberapa jauh Anda pergi, tetapi seberapa dalam Anda menggali tambang emas berupa pengalaman.
*      Bepergian dengan imajinasi. Seperti kata pepatah lama spanyol, “ Orang yang ingin membawa pulang kekayaan dari Hindia mesti membawa kekayaan Hindia bersamanya”.
*      Bepergian tanpa rasa takut. Buanglah segala kekhawatiran dan ras takut; dunia ini dan para penghuninya adalah milik Anda, seperti halnya Anda adalah milik dunia.
*      Bepergian dengan relaks. Terapkan pikiran Anda untuk menikmati saat-saat yang menyenangkan, santailaah...
*      Bepergian dengan sabar. Perlu waktu untuk memahami orang lain, terutama bial ada batasan-batasan bahasa dan adat istiadat; tetaplah fleksibel dan bisa beradaptasi dalam semua situasi.
*      Bepergian dengan semangat sebagai penduduk dunia. Anda akan mendapati bahwa orang-orang pada dasarnya sama saja di mana-mana di seluruh dunia. Jadilah duta kebaikan bagi semua orang.


Jadi.. kapan aku kemanaa? hmm..

Selamat menikmati perjalanan Anda.. petualangan hebat Anda ^^,)/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

bahasa jepang ( nihon-go )

Lowongan PT SAMI Semarang (1)

myjapanstory-1