bahasa jepang ( nihon-go )





"... bukalah pintu, dan kamu akan melihat dunia."


Entah bagaimana menggambarkannya. bisa jadi, seperti itu ilustrasinya.. (hihihi)
Masih seperti mimpi bukan.. bisa berada di negeri orang seperti ini. Dan Jepang.. mungkin tak terbayangkan sebelumnya. See.., tidak ada yang tau kemana takdir Allah akan membawamu, dan bagaimana kamu setelah ini. Berdoalah yang terbaik :)

Jepang. Bagaimana sih orang mengenal Jepang?
Pertama kali tiba di sini itu rasanya menakjubkan, WoW banget mungkin. Orang sepertiku, yang bahkan jarang pergi jauh, apalagi ke luar negeri. Alhamdulillah.. 
Nah.. yuk share tentang Jepang !. Meskipun gak begitu banyak tau sih.. ya sebatas aku tau dan mencari tau saja yaa.. jg sedikit pengalaman-pengalaman yang pernah aku alami di sini.
jangan penasaran, karena mungkin ini akan banyak jeda, dan..... (?????)
-nothing-

Sudah sudah, kita akan mulai dari...  Bahasa jepang ( nihon-go )
Tau kan, tiap negara itu punya bahasa masing-masing, termasuk jepang pastinya. Memang ada juga bahasa internasional nya bahasa inggris, tapi di sini sedikit yang bisa english, gak banyak.. bahkan ada juga yang gak tau, makanya kalau kesini paling gak harus bisa bahasa jepang. Tapi, jangan khawatir lah, udah banyak kok tempat tempat umum di sini yg menggunakan bilingual, memudahkan turis turis yang emang rajin berkunjung ke negeri sakura ini.

Belajar bahasa jepang itu mudah-mudah-sulit. gimana ya??
Awalnya aja mungkin yang keteteran menghafal kosa kata yang memang baru pertama kali. ya.. gak beda jauh sama belajar bahasa inggris kok. Ada vocab ( kotoba), grammar (bunpou) dan yang istimewanya dalam bahasa jepang itu juga ada kanji.. ini yang paling susah tapi palling menarik. hehe, yaa meskipun sampai sejauh ini juga belum banyak kanji yang bisa dihafal. 
Ah yaa... belajar bahasa jepang juga gak sekedar menghafal kosa kata, atau grammar aja loh. ada juga huruf jepang, namanya Hiragana dan Katakana. Ini nih yang jadi pondasi belajar, karena di jepang itu gak semua tertulis dengan ro-maji ( alphabet ) jadi belajar huruf jepangnya itu yang pertama. -Susah yaa?- Enggak juga sih, kalau serius sama rajin pasti cepet bisaaa.. ! dan lagi udah gak sedikit kan situs-situs yang mengajak belajar secara online di internet, jadi bisa lebih praktis. percaya deh ! 
Lama-lama bahasa jepang itu lebih menarik setelah ada kanji, hehe. -bukan tepung kanji yaa-. itu huruf jepang yang terkadang rumit tapi menarik. pokoknya seru belajar bahasa jepang tuh.. 

Gak harus baca buku banyak juga sih, belajar itu bisa dari mana aja kok.. dengan lagu misalnya. Banyak kan lagu jepang yang enak didengar, dan kalau udah tau artinya pasti juga bakalan lebih seneng. Selain lagu, ada juga yang nonton film jepang. Keduanya yang paling aku sukaaaaaak ^^)/ 
Kapan-kapan kita bahas tentang lagu dan film jepang yang recommended, hehe.
Satu lagi yang aku suka itu ngobrol sama orang jepang.. dari situ kita bisa belajar banyak hal. Meskipun terkadang masih banyak yg gak ngerti artinya, kita bisa langsung tanya sm nihon-jin  (orang jepang) langsung artinya apa, bukan arti dengan lain bahasa sih, tapi maksud dari arti nya. 

Penasaran kan? Menarik kan??
Iyaa.. sekian lama di jepang, jadi ,mulai terbiasa dengan bahasa sini.. Mulai tau banyak juga tentang ini-itu. Dan sama juga seperti di Indonesia, meskipun ada Bahasa Indonesia, tetap aja punya bahasa daerah. Begitupun di Jepang, ada juga bahasa yang sifatnya ke-daerah-an gitu. Jadi, misal berkunjung kesini dan menjumpai bahasa yg agak aneh  dan gak ada di kamus, berarti itu bahasa daerah...

Menarik yaa, kalau bahasa jepangnya itu omoshiroi (おもしろい:面白い)

Dari situ, aku tau betapa pentingnya belajar bahasa, karena itu adalah jembatan kita untuk berkomunikasi. 
tetap semangat !
keep spirit !
ganbatte kudasai !  (がんばってください : 頑張って下さい )

-ika setiyowati-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lowongan PT SAMI Semarang (1)

myjapanstory-1